BEM FK UNEJ 2024

PPK Ormawa BEM FK UNEJ Sosialisasikan Pelatihan PHBS di Desa Jatisari

Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa BEM FK UNEJ adakan sosialisasi dan pelatihan PHBS (Penerapan Hidup Bersih dan Sehat) di kantor kepala desa Jatisari, kecamatan Jenggawah, kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (20/07/2024)

Dalam pelaksanaan kegiatan ini tentu saja di dampingi oleh dosen pembimbing yaitu Dr. Yudha Nurdian, M.Kes. Tim pelaksana PPK Ormawa juga di bantu oleh Tim pendukung. Tim pelaksana yang terdiri dari Alifiah Zalika Azharra, Ralief Yusrial Fabiyyanza, James Jedidiah Aryo Wibowo, Sarah Salsabila, Aynani Tajriyan, Jihan Alifah, Muhammad Zulfikri Ali Syabana, Intan Putri Salsabila, Syanda Aisyah, Pradipta Pawitradyaka Wardhono, Rizky Bintang Andika, Alyssa Haifa Mumtazah, Ifa Khoiriyah, Arif Dwi Wicaksono, dan Pilar Menara Falah. Tim pendukung terdiri dari Ilham Fahmi Hadziqi, Adhitya Eko Widyanto, Nizar Arkana Abiyu, Elang Avinindra Virgiananta Al-Hasany, Joshua Revival Suhendro, Edelweis Ginka Aurora, Anggita Gia Brillian Permata Putri, Salsabila Putri Zakiyya, Jessica Ayu Deska Setian Putri, Syahla Aqila Tsabita dan Dinastuti Hidayatul Karin.

Acara dibuka dengan sambutan Ibu Kepala Desa Jatisari dilanjutkan dengan sosialisasi materi pertama yaitu PHBS oleh saudari Aynani Tajriyah dan saudara Nizar Arkana Abiyu sebagai pemateri menyampaikan antara lain : 

Pengertian Perilaku hidup bersih dan sehat merupakan cerminan pola hidup keluarga yang senantiasa memperhatikan dan menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga. Berbagai jenis tatanan PHBS. Manfaat PHBS dalam Rana keluarga dan lingkungan masyarakat.

Indikator PHBS :

  • Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir
  • Menggunakan air bersih
  • Membuang sampah pada tempatnya
  • Rutin berolahraga
  • Konsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi
  • Membasmi sarang nyamuk
  • Melakukan kerja bakti bersama warga lingkungan sekolah untuk menciptakanlingkungan yang sehat.

Serta melakukan praktik PHBS dengan bernyanyi tentang cara mencuci tangan dengan baik di pandu oleh saudara Elang Avinindra Virgiananta Al-Hasany dan pelatihan menggosok gigi dengan baik dan benar di pandu oleh saudari  Pilar Menara Falah.

Kemudian materi kedua oleh dr. Rahman tentang Stunting dan praktik antropometri.

Sasaran dari kegiatan ini yaitu para kader RDS jeliteng yang sebelumnya sudah di bentuk dan terdiri dari ibu-ibu PKK, Kader Posyandu, dan Guru Paud. Tujuan kegiatan sosialisasi dan pelatihan PHBS merupakan salah satu bekal persiapkan bagi kader RDS Jeliteng dalam mengimpelemtasikan kepada anak-anak Paud, TK dan ibu muda di desa Jatisari. Hal ini di lakukan dengan harapan ibu-ibu kader RDS jeliteng dapat menjadi leader bagi seluruh masyarakat dalam menggerakkan dan menciptakan Rumah Desa Sehat di Desa Jatisari.

Scroll to Top